Integrated Digital Learning Solutions

Empat Trik Belajar E-Learning yang Kreatif dan Tidak Membosankan

Setiap orang bisa mengaplikasikan e-learning dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari urusan pribadi, mencari hiburan, hingga untuk bekerja. Begitu juga yang bisa dilakukan oleh mereka yang bekerja di sebuah perusahaan tertentu dengan profesi bernama pegawai atau karyawan. Setiap perusahaan yang besar maupun kecil tentu memiliki karyawan yang bekerja untuk kemajuan dan perkembangannya. E-learning menjadi kata kunci bagi banyak perusahaan untuk meraih sukses di masa depan. Oleh karena itu, perusahaan di Indonesia sudah seharusnya memberikan kesempatan bagi seluruh karyawannya untuk belajar program e-learning.

Ada beberapa trik kreatif dan menarik yang bisa dilakukan oleh karyawan perusahaan saat belajar e-learning perusahaan. Berikut sedikit informasinya untuk Anda sekalian.

Belajar sambil praktik

 

Dalam arti, belajar e-learning bukan hanya monoton di dalam kelas, mendengarkan, membaca, dan mencatat saja. Pembelajaran seperti itu sangat membosankan karena hanya satu arah, di mana users atau peserta bersikap pasif. Untuk lebih meningkatkan keaktifan peserta pelatihan, tidak ada salahnya menerapkan praktik langsung dalam aplikasi e-learning.

Sebagai contoh, karyawan mempelajari tentang salah satu program e-learning yang berwujud e-mail. Perihal surat elektronik tersebut bukan hanya diberikan teorinya saja. Namun, peserta latihan juga diajarkan langsung dengan mempraktikkan cara membuat e-mail dan memanfaatkannya dalam sebuah proses kerja di perusahaan.

Membuat konten menarik untuk e-learning

Manfaat e-learning bisa dirasakan oleh seluruh karyawan jika mereka mampu mempelajarinya dengan maksimal. Oleh karena itu, diperlukan cara belajar yang kreatif agar tidak membosankan. Salah satu caranya, yaitu membuat konten menarik dari beberapa fitur di internet yang bisa dimanfaatkan untuk e-learning perusahaan. Jadi, peserta diberi kebebasan untuk berekspresi untuk membuat konten yang mereka inginkan. Tentu saja setiap peserta latihan memiliki kontennya sendiri-sendiri dengan ciri khas tertentu.

Sebagai contoh, membuat promosi atau sejenisnya dari perusahaan tempat mereka bekerja dalam bentuk konten-konten yang menarik. Konten tersebut bisa berwujud tulisan, gambar, maupun video yang masih terkait sistem informasi perusahaan. Selanjutnya, konten bisa diaplikasikan dalam program e-learning yang nantinya akan dilihat banyak orang di dunia maya. Dengan cara ini, peserta latihan yang notabene para karyawan itu bisa terangsang untuk semangat belajar sekaligus berkreativitas.

Mengenal lebih banyak fitur e-learning

Ada cukup banyak fitur e-learning yang bisa diaplikasikan. Bukan hanya diaplikasikan dalam perangkat personal computer saja, tetapi bisa juga hanya gadget kecil yang Anda miliki. Pasalnya, fitur e-learning dapat diinstal dan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Anda yang ingin lebih banyak mengambil manfaat e-learning, sudah seharusnya mengenal semua fitur tersebut. Setelah mengenalnya, jangan lupa untuk dipraktikkan dan diaplikasikan dalam pekerjaan yang sudah diinstruksikan oleh perusahaan.

Misalnya, ada fitur Whatsapp yang lagi ngetrend di kalangan pengguna gadget smartphone. Fitur tersebut juga bisa diaplikasikan dengan tujuan e-learning. Pasalnya, sistem informasi dalam e-learning sifatnya fleksibel dan bisa dimasukkan dalam berbagai fitur.

Belajar sambil bermain

Metode ini memang seperti anak kecil yang sedang belajar menulis atau membaca. Namun, bisa juga diaplikasikan saat Anda sebagai karyawan perusahaan mengikuti pelatihan e-learning. Anda pun mungkin sudah hapal dengan metode belajar di kelas yang diikuti banyak orang dan dikawal oleh beberapa trainer atau tutor. Lebih menyenangkan lagi, jika dalam proses pembelajaran e-learning disisipi permainan atau kuiz. Tentu saja permainannya masih berkaitan dengan belajar e-learning yang di dalamnya melibatkan sistem informasi perusahaan.

Itulah beberapa trik belajar e-learning yang unik, kreatif, sekaligus menyenangkan. Semoga bisa diambil manfaatnya bagi Anda sekalian.

 

About Contact Us
hak cipta© 2020 PPM MANAJEMEN